Tuesday, March 15, 2011

Menata Hati


Menata hati ( menjaga kelembutan hati )



Didalam tubuh manusia ada dua organ yang terpenting yaitu jantung dan hati , meski pun diantara saling bersatu dan menyatukan  namun kedua organ inilah yang sangat penting bagi kesehatan jasmani maupun rohani.
Selain jantung berfungsi untk memompa aliran darah ke organ tubuh lainnya itu. Dan hati juga berfungsi untuk  menyerap segal penyakit yang berada didalam tubuh manusia ,
Hati juga diobyekkan juga untuk memperindah keindahannya dalam pergaulan didalam masyarakat. Sikap dan lembutnya hati akan tampak mana kala hati sudah tersusun oleh rangkaian adab adab islam , karena dari hati jugalah kita dapat memperkuat jalinan  jalinan yang mungkin kita dambakan unutk selalu terjaga dengan baik,,,,
Menata hati bukan sekedar menata tanpa dasar. Menata hati yang lembut harus diniatkan dari sendiri terlebih dahulu dan mengerti keadaan pribadi. Karena dapat dipercayai menata hati ini akan dapatkan kebahagiaan yang pastinya di dambakan setiap insan yang beriman…
Rosulallah bersabdah:
“Sesungguhnya Allah mencintai kelembutan disetiap segala urusan” (HR buhari  )
Didasari dari hadist sahih ini lah kita harus bisa membina agar kita berprilaku lembut didalam sikap apapun  dan tidak dibenarkan berprilaku kasar maupun keras
Dihadis lain juga Rasulallah bersabdah :
“Sesungguhnya Allah itu Maha Lemah-lembut dan mencintai sikap lemah-lembut. Allah memberikan sesuatu dengan jalan lemah-lembut, yang tidak dapat diberikan jika dicari dengan cara kekerasan, juga sesuatu yang tidak dapat diberikan selain dengan jalan lemah-lembut itu.” (HR Muslim)

Oleh karena itu selayaknyalah kita untuk menjaga hati kita untuk selalu berkeadaan lembut karena dihati inilah memang kekuatan atau lentera bagi manusia . hal ini adalah kewajiban kita untuk  selalu menjaga kelembutan hati  agar kita selalu dalam pengabdian dan kesejahteraan hati tuk menggapai ilahi……
Rosulallah pun bersabdah :
“ Diharamkan neraka ke atas setiap orang yang ringan, lembut , mudah dan dekat dengan manusia.” ( HR ahmad )
Dari hadist diatas terlanglah bagi kita betapa sangat baikknya untuk kita berprilaku lemah lembut dalam kehidupan bermasyarakat.
 pernah juga dengar dalam suatu takjim tausya”
“orang yang paling lembut  hatinya ( hati yang selalu tunduk dan patuh kepada Allah dan hatinya yang sejahtera  ) ialah orang yang paling sedikit dosanya” ( n??0_0??n  )
Kata kata diatas juga di sabdahkan Rosulallah :
“sesungguhnya didalam diri manusia ada seketul daging. Jika ia baik, maka baiklah seluruh anggotanya dan jika ia rusak, maka rusaklah seluruh anggotanya.”(HR buhari dan muslim )
Didalam kehidupan ini sangatlah mungkin untuk kita pasti dapatkan sifat-sifat yang dapat melukai hati seseorang dan meniggalkan rasa dendam kepada mereka karena diantaranya bagi kita kurang memahami dan mendalami kepribadian hati masing – masing .Kurangnya kita untuk berprilaku sopan santun dan bertngingkah lemah lembut kepada sesamanya.
Telah diingatkan oleh hadist yang terkenal lainnya :
“sesungguhnya jika seorang hamba melakukkan kesalahan /dosa. Dititikan pada hatinya sat tuitik hitam. Namun bila ia menarik diri /berhenti dari dosa tersebut, Beristigfar dan bertaubat. Dibersihkan hatinya dari titik hitam itu, Akan tetapi jika tidak bertaubat dan kembali dan berbuat dosa .Maka, bertambahlah titik hitam tersebut, hingga sukar untuk dirinya”. (HR. Ahmad)
Dan dibawah inilah hadist yang dimana untuk berdoa agar kita selalu dalam keadaan menjaga kesucian dan kelembutan hati kita.
Rosulallah bersabdah dalam hadistnya :
“ Dan tunjukanlah, aku kepada akhlak yang terbaik. Tiada yang mampu  memberikan petunjuk akhklak yang terbaik selain Engkau. Dan palingkanlah diriku akhlak yang buruk. Tiada yang mampu memalingkan akhlak yang buruk dariku selain Engkau.” ( HR muslim )
Didalam pergaulan sehari hari maka hendaklah bagi kita untuk bersikap demikian karena dengan sikap demikian itulah kita disukai dan dicintai oleh sahabat kita. Mereka pasti bergembira dengannya serta ingin bersahabat setia dengan kita……DAN……. Sebaliknya, orang yang buruk tingkah nya ( kasar hatinya ) jauhlah ia dari pergaulan nya dan dijauhi dari teman – temannya .
Maka mulailah kita menata hati seindah mungkin untuk menjemput impian kita menggapai ridho ilahi yang selalu kita dambakan,,,,,,,,,,
Dari keterangan keterangan diatas tentang keharusan kita untuk menjaga kelembutan dan kesucian hati harus lah kita menjauhi segala apa yang apa pada hati kita dan kita seringlah berIstigfar . karena hati adalah pintu utama bagi menuju jalan rahmatnya.
Satu kata terakhir untuk AKU dan KAMU,,,,
“ DAN CABUTLAH RASA DENDAM DI HATI KU. “ ( HR abu daud )
NB”::::::::
Mereka bergembiralah  hati dengan ni'mat dan karunia yang besar dari Allah, dan bahwa Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang beriman. (QS. Al Imran : 171)
“ sesungguhnya diantara yang terbaik diantara kamu adalah yang paling baik akhlaknya.” (HR buhari )
“ orang mukmin adalah orang yang paling bersahaja lagi mulia. Sedangkan orang jahat adalah orang yang tak jujur lagi tercela .” ( HR tarmidzi )


No comments:

Post a Comment