Monday, March 7, 2011


pentingnya menjaga lisan!!!!!


Menjaga ucapan


Lidah adalah penterjemah dari obyek hati
Lidah adalah pemandu bagi akal dan fikiran seseorang
Lidah juga adalah penanaman akhlak pada sesorang.

INGAT HAL INI  KAH ANDA!!!!!!!
Memang lidah tak bertulang . namun , lidah lebih tajam dari pisau ,,,
Hal ini sangat memahami bahwa lidah atau ucapan adalah hal yang amat membunuh( hati sesorang ) dan bisa melukai berkepanjangan dari sebuah goresan luka pada tubuh seseorang ,
Dengan ucapan ini lah kita dapat menimbulkan rasa cinta dan rasa kecewa , kata dusta dan  fitnah. Maka  dari itu kita harus pandai menjaga lisan kita dari hal yang menimbulkannya rasa dendam pada yang mendengar,.
Seperti sabda Rosulallah dalam hadist :
“ sesungguhnya seorang hamba Allah dapat mengucapkan perkataan yang dirhidhoi Allah yang mana dia tidak terlalu menghiraukannya, tetapi dengan itu Allah akan mengangkat derajatnya. Dan sesungguhhnya seorang hamba Allah dapat mengucapkan perkataan yang  dimurkai Allah yang mana ia tidak terlalu menghiraukannya , tapi. Dengan hal itu ia kan terjun ke dalam neraka.( HR Buhari )
tertulis dalam sebuah  syair-syair kecil :
( dari ZUHAIR BIN ABI SULMA )
Bila orang pendiam kagum kepadamu
Akan tampak gejala pada dirinya
Bertambah atau berkurang nya perkataannya
Lidah pemuda adalah setengah harga dirinya
Dan setengah lainnya adalah hati nuraninya
Selain  itu,,,,,,,, yang tertinggal
Hanyalah daging dan darah,,

Dari syair yang lain juga mengatakan :
Seseorang  bisa mati
Akibat tergelincirnya lidah
Tetapi tidak akan mati
Akibat tergelincirnya kaki
Karena bila ucapan yang tergelincir
Maka kepalanya terpelanting
Tapi jika kaki yang tergelincir
Pastikan sembuh sedikit demi sedikit


Syair diatas juga diingatkan dalam hadist  Rosulallah , yang bermakna :
“ Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka hendaklah dia tidak menyakiti tetangganya. Barang siapa yang beriman kepada Allah  dan hari akhirat maka hendaklah dia memuliakan tetamunya. Dan  barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhirat hendaklah dia berkata baik atau diam”.( HR Buhari )

“ hindarilah neraka, walupun hanya dengan sedikit kurma. Barang siapa yang tidak mendapatkannya, maka lakukanlah dengan ucapan yang baik( HR Buhari )

Dalam beberapa kata bijak yang sudah ternama lainnya mengatakan
“ DIAM ADALAH EMAS NAMUN BERKATA JUJUR ADALAH MUTIARA “.
“TIADA LAIN YANG BANYAK BERBICARA ADALAH SEOARANG ANAK KECIL BELAKA”
“TIDAK  ADA KEBAIKAN DIDALAM KEBANYAKAN UCAPAN”

Dari kata bijak diatas juga disebutkan dalam hadist Rosulallah :
“Sesungguhnya termasuk diantara orang yang paling aku cintai dan paling dekat tempat kedudukannya dengan ku  ada hari kiamat adalah orang yang paling baik akhlaknya diantara kamu, Dan sesungguhnya termasuk diantara orang yang paling aku benci dan paling jauh tempat kedudukannya dariku adalah orang yang banyak ucapan, orang yang suka membebel dan orang yang berbual. Mereka ( para sahabat ) bertanya :Ya Rosulallah , kami sudah tau orang yang banyak berkata dan yang suka membebel. Apa kah yang dimaksud dengan orang yang suka berbual???Baginda menjawab: yaitu orang yang angkuh ( sombong).” ( HR Tarmidzi __dalam al silsilah al- sahihah : mukhtasawah )

à“ Barang siapa yang menjamin untuk ku apa yang ada diantara misai dan janggutnya dan apa yang ada dianatara kedua kaki nya, maka aku akan menjamin unutknya syurga.( HR  Buhari ).
(_____ jaminan untuk mu syurga yang menjaga ucapan_____)àsubahannallah .


“Dan jangalah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya, Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungjawabannya.” ( QS al isra : 36 )

NB:
DIAM ADALAH IBADAH  , NAMUN LENGKAPILAH IBADAH DIAM INI SAMBIL BERDO’A . INSYA ALLAH JAMINAN BAGIMU SYURGA. ( amin ya rabbal’alamin )



No comments:

Post a Comment