Sunday, May 1, 2011

KISAH SEMANGAT HIDUP AGAR TIDAK TERSESAT



  Disuatu kampong yang tak terlalu jauh dari kota, hiduplah sepasang suami istri yang sering gaduh, siapa yang tak jengkel melihat suami hanya tidur dan tidur saja tiap hari tak pernah berfikir untuk mencari nafkah untuk istri. Seketika itu sang istri hanya menatap dan termenung mana kala perabot rumah tangga sudah habis terjual karena kebutuhan sehari untuk makan dirinya dan suaminya itu yang pemalas (kaslan)
            Suatu hari kaslan coba mencari kerjaan didekat kampong itu , namun gagal. Akhirnya, kaslan terfikir untuk datang keseseorang yang sudah terkenal dikampungnya untuk meminta kekayaan. Akhirnya kaslan pun langsung balik kerumah untuk memberi  tau kabar itu kepada sang istri,,,
            Jalan sudah cukup jauh dari kampong nya itu,,, hingga disuatu tempat kaslan bertemu dengan harimau yang sangat kurus dan kelaparan. Hingga berkatalah harimau itu
            Harimau:” hai!!!!! Kaslan, hendak kemana engkau, macam tergesah-gesah berjalan.”
            Kaslan:” ya ! harimau,,,,, aku tergesah- gesah berjalan, untuk bertemu dengan kakek
(Sebutlah dukun) untuk menanyakan bagai mana aku agar cepat kaya  ?
            Harimau:” oh,,,? Hai . kaslan. Tolong pertanyakan lah tentang keadaan ku yang payah ini, karena aku tak pernah dapatkan makanan yang lezat dan nikmat,,,
            Kaslan:” ya,, baiklah, nanti akan aku sampaikan. Yah sudah. Aku akan lanjutkan perjalananku.
(**************)
Akhirnya kaslan pun melanjutkan perjalanannya untuk menuju  ketempat sang dukun itu tinggal,,,,,. Namun , kaslan berjumpa dengan sebuah pohon apel.
Pohon apel itu berkata”, hai,????? Kaslan hendak kemanakah tujuanmu seakan tergesah. Apakah yang hendak engkau cari..
            Kaslan:” ya  . pohon,. Aku tergesah-gesah ingin bertemu dengan dukun yang ada disana untuk menanyakan bagaimana caranya agar aku cepat kaya.
            Pohon apel:” oh ya, kaslan. Nanti tolong engkau tanyakan juga hal tentangku. Karena aku tak pernah lagi menghasilkan buah,, mana kala aku berbunga, bungaku selalu gugur.. nanti engkau sampaikan pertanyaanku ini, yah.
            Kaslan :” ok, klo begitu,,. Ya sudah . aku ingin cepat bertemu dengan dukun itu,, selamat tinggal kawan.
(***********************)
Waktu pun terus berjalan dan langkah kaslan pun tak pernah lelah untuk tujuannya itu, segera berjumpa dengan dukun yang di kabarkan hebat oleh warga kampungnya. Jalan agak jauh. Akhirnya kaslan bertemu dengan sebuah ikan emas disuatu danau,
Ikan mas :” hai ? kaslan, kemana kah langkah yang hendak engkau tuju, seolah tergesah langkahmu itu..
Kaslan :” iya ikan mas, aku memang tergesah-gesah karena ku sudah tidak tahan dengan miskin yang aku jaga dalam keluargaku. Aku ingin bertanya pada dukun yang ada disebrang sana,, bagaimana caranya agar aku cepat kaya dan tidak miskin macam ini lagi,
Ikan mas :” kaslan, nanti jika engkau bertemu dengan dukun itu, tolon aku yah,, tolong tanyakan padanya..aku sudah berapa hari ini susah untuk makan karna ada yang menyanggal dalam tenggorokan ku. .. hai , kaslan tolong pertanyakan pada dukun itu,,, apa yang harus saya lakukan agar saya bisa sembuh,,,?
Kaslan :” baiklah ikan mas…. Aku akan lanjutkan pejalanan ku ini,,, dan selamat tinggal ikan mas…
(************)
            Akhirnya kaslan bertemu dengan Dukun yang di harapkan itu,,,,
            Dukun :” hai kaslan,, aku sudah tau semua tujuanmu datang kepadaku,,,
            Kaslan :” ya kek (dukun) lalu bagaimana yang harus saya lakukan setelah ini kek..
            Dukun:” tak usah banyak Tanya, kaslan.!!!! Baliklah dan bantulah orang yang sedang kesusahan, dan sampaikanlah pada. Ikan, pohon apel, dan harimau
 IKAN.. Bahwaa ditenggorokannya ada sebutir mutiara, jadi. Susah baginya untuk makan.
Phon apel.. bahwa dibawahnya ada sepeti emas yang menyebabkan gugurnya bunga- bunga.
Harimau.. bahwa makanlah orang yang malas, karena orang mala situ adalah makanan yang lezat dan nikmat..
            Kaslan :” baiklah kek, akan aku sampaikan apa yang kakek katakana, dan trimakasih juga atas apa yang kumaksudkan,
(****************)
Akhinya kaslan ppun pulang dengan tenang dan dalam perjalanan balik pun sama. Diapun berjumpa dengan ikan mas…
            Ikan mas :” hai kaslan apa yang engkau dapat dari dukun itu,
            Kaslan:” oh ya, ikan mas, dkuun itu berkata.” Bahwa didalam tenggorokanmu  ada mutiara,, jadi engkau tak boleh makan,,,,
            Ikan mas:” baiklah kaslan dan trimakasih,,,,,,,,,,. Oh ya . tolon aku nil ah .
Bantu aku untuk mengelurkan mutiara itu. Dan aku akan berjanji. Saya  akan menyerah  mutiara untuk mu nanti.
            ( akhirnya kaslan membantu  ikan mas itu,)
            Ikan mas :” kaslan bawa lah mutiara ini, seperti yang sudah saya janjikan.
            Kaslan :” ya , , saya harus cepat cepat pulang untuk memberi kabar kepada istriku.
(**************)
            Tak lama pun, kaslan bertemu dengan pohon apel itu seraya berkata
Kaslan :” hay pohon, bagai mana keadaan mu.
Pohon apel :” yah , masih tetap, kaslan. Apa yang kau dapat setelah pergi bertemu dukun itu .
Kaslan :” oh ya, kata dukun itu ,? Dibawah akar engkau ada sepeti emas
Pohon apel :” kaslan, tolong bantulah aku , agar aku dapat berbuah lebat, nanti emas itu buat engkau. Aku janji.
Kaslan.:” ya,
Akhirnya kaslan pun menggali tanah itu dan mengangkat petii itu yang memang benar itu adalah sebauah emas,,,,,. Kaslan pun melanjutkan perjalanannya untuk cepat pulang.
Namun ditengah jalanpun di jumpa dengan harimau yag kurus itu
            Kaslan;” hay , harimau ?????
            Harimau :” hai , kaslan . pesan apa yang kau dapat dari dukun itu ,
            Kaslan :” yah, harimau ,,,, ternyata…. Santapan lezatmu adalah orang yang malas…
            Harimau :” oh,, oh????
Akhirnya, tanpa fikir panjang harimau itu pun bersiap untuk memangsa Kaslan yang pemalas itu. Namun, kaslan lari secepat mungkin dan akhirnya selamat……
DAN sesampainya dirumah . Kaslan berfikir.. dan  itu juga Kaslan membeli alat untuk berkebun dibelakang rumahnya. Kaslan juga membagikan emas dan mmutiara itu kepada warga di kampungnya..
(***** lama****) kini kaslan merubah namanya lebih baik. Yang artinya RAJIN
Dan kini Ia pun menjadi orang kaya..
resensi dari sebuah buku: maaf ana lupa

No comments:

Post a Comment