Sunday, July 3, 2011

Isilah Waktu Kosong


Seorang falsafah yang bernama BAZARJAMHAR mengatakan :jika suatu kesibukan akan mendatangkan pencapaian, maka kekosongan akan mendatangkan kekusutan.
Dengan kata lain : jika suatu kesibukan mendatangkan kesuksesan, maka kekosongan akan mendatangkan kegagalan.

Dari hal diatas ini lah menegaskan bahwa sesuatau pada diri kita harus meninggalkan segala kekosongan waktu yang menimpa diri kita dengan hal yang berguna. Sekarang kita lebih banyak menemui orang yang merenung diri dengan waktu yang lama untuk berdiam diri tanpa kesibukan yang degeluti seseorang. Kita menyadari bahwa banyak waktu yang terbuang percuma hanya untuk merenungi suatu masalah, membiarkan diri dalam kekosonggan  tidak rubahnya suatu nasib yang membawa kita dalam lamunan kosong yang sehingganya kita lebih banyak merenung dan berdiam diri tidak melakukan hal kesibukan dan memanfaatkan waktu untuk digunakan lebih baik mungkin.
Orang yang paling banyak merenung dan berdiam diri (tidak memanfaatkan waktu ) biasanya akan menjadi bahan desas desus orang sekitar dan menjadi bahan gossip karena orang yang tidak memanfaatkan waktu kadangkala fikiran mereka selalu berkhayal entah kemana fikiran nya pergi. Namun saat yang sangat membahayakan adalah manakala akal ini mati sehingga ia tidak bisa melakukkan apa- apa untuk dirinya.
Dalam sebuah penggambaran : bahwa hal ini adalah ibarat mobil yang berjalan dengan cepat tanpa adanya supir, hal ini akan memudahkan mobil itu mudah goyah kekanan dan kekiri sehingga menubruk semua apa yang disisi dan didepannya.
Jika dalam diri kita memdapati waktu yang kosong dan tidak diisi dengan hal yang mafaat maka bersiap-siaplah diri kita akan merasa gundah, cemas, karena dalam keadaan inilah jiwa dan fikiran kita akan menerawang dalam kegelapan masa lalu yang akan membawa kita terjebak dalam sebuah dosa. Dan akan menenggelamkan diri kita dalam masa yang belum tentu kita alami.Waktu kosong ini akan membunuh kemampuan kita secara perlahan, karena jika kita berdiam diri dalam kekosonga waktu akan mengakibatkan hal yang bisa membuat jiwa semakin stress.
Firman Allah S.W.T. :
“(yaitu) bagi siapa di antaramu yang berkehendak akan maju atau mundur . (QS. Al muddatstsir:37).
“Dalam ayat ini maju atau mundur dalam berbuat kebaikan”
Rahasia dalam kesuksesan ini sebenarnya terletak pada mengisi stiap kekosongan waktu dan mengambil kesempatan yang diberikan Allah untuk memanfaatkan waktu untuk bertindak dan mengurangi waktu berfikir panjang, karena waktu ini sangat singkat untuk disia-siakan begitu saja.karena banyak orang saat ini tidak memainkan (mamanfaatkan) waktu sebaik mungkin yang sebenarnya hal ini lah orang menjadi sukses. Dan saat ini juga banyak orang yang tidak mengerti arti peranan hidup itu sendiri  dan seolah mereka hampir sama orang yang mati yang tidak mengetahui fungsi dari hidupnya yaitu untuk mengisi waktu .
Firman Allah S.W.T. :
“Kemudian Allah menyuruh seekor burung gagak menggali-gali di bumi untuk memperlihatkan kepadanya (Qabil) bagaimana dia seharusnya menguburkan mayat saudaranya . Berkata Qabil: "Aduhai celaka aku, mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini lalu aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini?" (QS. Al maidah:31)
Ayat diatas inilah agar kita bisa menoleh agar kita bisa berfikir positif dan tidak terbawa dengan sesuatu hal yang kosong yang membuat jiwa ini semakin rapuh. Karena  mengisi waktu kosong akan menyelamatkan diri kita dari fikiran fikiran yang bersifat negative, membuat jiwa kita semakin bahagia, karena hal ini akan menjalankan  peranan hidup.
Kisah UMAR BIN KHATTAB  r,a juga telah menyatakan perang terhadap semua bentuk kokosangan waktu ( penganguran, kemalasan). Bahkan beliau juga pernah menarik keluar para pemuda yang berdiam diri didalam masjid dan tidak melakukan apapun. Sehingga beliau berucap;”keluar kalian dan carilah risky”
Dalam hal ini ditegaskan jga bahwa beliau agar memafaatkan waktu untuk membuat sesuatu hal agar tidak menyiakan waktu sedikit pun.
Wahai kawan!!!!!
Bangkitlah mulai sekarang juga dan isilah waktu yang kosong dengan hal yang bermanfaat. Isilah waktu kosongan dengan tajamnya pisau kesibukan. Mulailah kerjakan sholat. Baca al qur’an, bertasbih, mengkaji, menulis, mengemas , dan berbenah untuk memanfaatkan waktu saat ini.
Lihatlah para petani, nelayan, dan para buruh kasar itu, mereka ceria walaupun mereka mandi dengan keringat dan teriknya matahari meski kadang air mata mereka korban kan demi suatu kesibukan. Karena kesibukan akan mendatangkan kebaikan.
Hindarilah oleh mu perbuatan bersendirian dan tidak melakukan aktifitas apapun, karena ha ini akan membuat fikiran menjadi keruh. Dan jangan lah hari- hari mu berlalu tanpa ada menfaat sedikitpun. Mulailah isi waktu yang kosong dengan hal yang lebih mendatangkan kebaikan.
diulas dari buku: jangan bersedih







No comments:

Post a Comment