Sunday, July 3, 2011

Memperbaiki Akhlak


“,,,Maka berlomba-lombalah kamu (dalam membuat) kebaikan.,,. (QS. 2  Al baqarah  :148)
Perlu mengejar nilai takwa ini mungkin tidaklah semudah membalikan telapak tangan kita, karena hal ini amat lah sulit dilakukan oleh kita terkecuali kita dipermudahkan oleh Allah untuk memberikan kemudahan pada kita pribadi. Penerangan firman Allah diatas menerangkan untuk kita selalu memperbaiki tingkah kita kepada Allah dan berlomba juga dalam ketakwaan .
Ramai pemuda saat ini telah hilang akalnya untuk perbaiki akhlaknya sendiri. Karena kadang mereka hanya asyik memperbaiki  apa yang tampak dilihat oleh orang lain saja yang berupa kesohoran dan kecantikan dan ketampanan rupa .tetapi tidak  memperbaiki akhlak yang sesuai untuk dirinya.seungguhnya seorang muslim itu adalah orang yang memiliki kemauan yang kuat dalam ketaqwaan untuk selalu memperbaiki akhlak  setiap harinya. Karena akhlak itu adalah kebaikan untuk dirinya sendiri yang akan membawa ketentraman dihati insan itu sendiri. Hal ini juga Rasulallah bersabdah :
“Maukah kalian aku beritahukan kepada kalian tentang siapa diantara kalian yang paling  aku cintai dan paling dekat kedudukannya dengan ku kelak dihari kiamat? Yakni, orang diantara kalian yang paling baik akhlaknya.”(hadist)
Hal inilah yang menjadi visi tersendiri untuk kemauan sosok muslim yang selalu memperbaiki akhlak. sesungguhnya  tidak ada orang yang dapat meraih ketaqwaan dan kaimanan tanpa memperbaiki akhlak itu sendiri karena akhlak adalah menggambarkan jiwa seseorang itu memiliki ketaqwaan dan keimanan dengan pasti, mereka akan mendapatkan kebahagian dari jalan ini (memperbaiki akhlak) . mereka tau bahwa dari hal inilah mereka berpegang teguh pada keyakinan untuk berbuat sesuai  tuntunan Islam.oleh itu, ianya akan selalu melaksanakan dalam ketaqwaan dan akan selalu bebuat kebaikan. Namun kadangkala keimanan juga mengalami pasang surut yang mengalami gejolak, kadang peningkatan ketaqwaan akan menabahkan keimanan dan memperkuata kayakinan pada hati untuk selalu memiliki akhlak yang sesuai dengan islam. Namun , bila ketaqwaan sudah mulai melemah, saat itu juga kadang akhlak sudah hilang yang menyebabkan kita lebih senang berbuat dosa dan tanpa ada kata menyesal. Hal ini sudah dijelaskan dalam firman Allah hadist Rasulallah .
“Sesungguhnya iman itu benar-benar mengalami kelesuan di dalam rongga (dada) salah seorang dari kamu seperti lusuhnya baju. Mohonlah kepada Allah SWT agar Allah memperbaharui iman yang ada di dalam hatimu”. (HR Thabrani)
“…. Dan barangsiapa yang mensucikan dirinya, sesungguhnya ia mensucikan diri untuk kebaikan dirinya sendiri. Dan kepada Allah-lah kembali(mu). (QS. Fathir : 18)
Memperbaiki akhlak ini tidak akan merugikan dan menghabiskan waktu anda . memperbaiki akhlak justru akan menambah penanaman keimanan yang lebih baik dan akan membahagiakan diri sendiri  dalam menguasai diri, anda tidak akan memperoleh kebencian dari orang lain dan anda juga tidak akan terancam oleh perlakuan yang keji dari kejahatan. (insya Allah )
“Sesungguhnya diantara  yang terbaik diantara kamu adalah yang paling baik akhlaknya.” ( HR Buhari )


No comments:

Post a Comment